STPK Matauli Dimulai, Mahasiswa Dibekali Kuliah Umum


Dr. Ir. Akbar Tanjung Ketua Pembina Yayasan Matauli sematkan perdana almamater STPK kepada mahasiswa angkatan pertama di Gedung Audio Visual SMA N1 Plus Matauli Pandan | Foto : Benny.S.Allen


Wartatapanulinews.blogspot.com, TAPTENG | Perkuliahan perdana di kampus Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK)  matauli di Kabupaten Tapanuli Tengah akhirnya dimulai, Senin (17/9).

Sebanyak 51 orang menjadi mahasiswa pertama di tahun akademik 2018/2019. Mereka mengenakan pakaian seirama dengan atasan berwarna putih dan bawahan hitam. Kekompakan para mahasiswa terasa kentara.

Sebelum mengawali tatap muka perdana dengan para dosen, para mahasiswa baru ini dibekali kuliah umum dari Ketua Pembina Yayasan Matauli, Akbar Tanjung di aula audio visual Matauli.
"Buatlah kebaikan-kebaikan, raih prestasi dan kemampuan lainnya," pesan Akbar.

Sebelumnya Akbar menyebut kebangaan tersendiri dengan pretasi yang diraih SMA Matauli selama ini. Para alumnus sekolah tersebut, lanjut Akbar, telah menorehkan banyak sejarah karena berhasil terdistribusi di berbagai profesi, termasuk kementerian.

Karena itu Akbar berharap, prestasi ini juga diikuti kampus STPK yang baru saja mengawali semester awal perkuliahan.

"Jadi inilah yang akan menjadi panutan kalian disekolah ini, pantas kalian bangga menjadi bagian dari STPK Matauli kita ini," kata Akbar.


Ketua STPK Joko Samiaji mengatakan, semangat pendirian kampus tersebut tak lepas dari visi nasional, yakni menjadi poros maritim dunia.

Kehadiran STPK, kata Joko diharap mampu menjawab tuntutan kebutuhan akan lulusan profesional pada sektor perikanan dan kelautan. Apalagi mengingat Kabupaten Tapanuli Tengah yang memiliki sumber daya perairan yang cukup luas dan penuh potensi.

"Disamping itu kita juga punya potensi sosial budaya,  banyak lokasi di tapteng belum dijejaki. Kalau kita pemalas kita tidak bisa meraih apapun," kata Joko.

Wakil ketua Yayasan Matauli Ridwan Pasaribu mengatakan hal senada. Ia menegaskan kebanggaan tersendiri diawalinya pembelajaran di kampus tersebut.

Ridwan menambahkan apresiasinya bagi SMA Negeri Matauli terutma kepala sekolah Murdinto, yang telah memberikan dukungan terhadap berdirinya kampus tersebut.

"Kami terus mengharapkan kerjasamanya karena kita sudah satu gedung. Terimakasih juga pada peran orang tua, penghargaan setinggi tingginya karena telah mempercayakan anaknya menuntut ilmu di STPK," kata Ridwan.(BA)

Komentar